Menentukan Power Bank Sesuai Gadget

Bagi sobat yang sedang bingung menentukan sesuai tidaknya sebuah power bank bagi gadget, setidaknya ada beberapa hal yang harus sobat cek terlebih dahulu. Apa kriteria-kriterianya dan bagaimana mengecek atau menyesuaikannya? Berikut saya sajikan tips menentukan power bank yang sesuai dengan gadget.

Menyesuaikan karakteristik suatu power bank dengan gadget yang kita miliki sebenarnya cukup mudah. Dengan hanya melihat sejumlah data atau informasi yang tertulis di power bank maupun gadget, kita dapat menyimpulkan secara kasar apakah suatu power bank dapat kita gunakan sebagai portable charger bagi gadget kesayangan kita.

Menentukan Power Bank Sesuai Gadget
Apa saja yang perlu diperhatikan agar pemakaian power bank sesuai atau tidak merusak gadget kesayangan sobat dan bagaimana cara mengetahui kesesuaian tersebut? Inilah langkah-langkahnya:

Kapasitas
Pastikan kapasitas power bank lebih besar dari kapasitas baterai gadget sobat. Akan lebih bagus jika besarnya kapasitas tersebut minimal 3 kali dari kapasitas baterai sehingga power bank dapat sobat manfaatkan beberapa kali pengecasan selama dalam keadaan mobile.

Tegangan
Tegangan sangat penting disesuaikan karena jika tidak, kadang power bank dapat merusak gadget. Sebagai contoh, tegangan output power bank sebesar 5 volt, namun kebutuhan gadget sobat hanya 3,7 volt. Nah, karena lebih besar tegangan tersebut, dalam jangka waktu tertentu akan merusak baterai gadget.

Colokan
Colokan power bank umumnya sangat variatif. Namun bisa saja karena gadget sobat unik, colokan yang sesuai tidak ada dalam variasi colokan yang disuguhkan. Untuk itu, sobat harus mencari colokan yang sesuai agar arus selama pengecasan dapat masuk ke gadget secara optimal.

Itulah sekilas tentang cara menentukan power bank yang sesuai dengan gadget. Jadi, meski sobat ditawari produk dengan harga murah dan kapasitas besar, jangan terburu membelinya sebelum benar-benar mengetahui kebutuhan gadget kesayangan sobat. Pastikan power bank dapat memberikan manfaat positif, bukan justru merusak gadget. Salam.

2 comments:

rizalpurnama said...

apa artinya 5.0 v 2,1 A (maX) dan 5.0 1`A (max)?
tks

Blogger Gundul said...

@Rizalpurnama: Kurang lebih maksimal tegangan yang diberikan 5 volt dengan arus 2,1 Ampere karena pada kenyataannya, kadang tegangan tidak sampai 5 volt dan arus yang keluar juga tidak sampai 2,1 Ampere. Semakin besar arus, semakin cepat pula powerbank mengisi gadget.

Post a Comment