Tips Perawatan Terpenting Powerbank


Kali ini saya akan mengajak sobat untuk lebih memahami Perawatan Terpenting Powerbank.  Sebagai portable charger, powerbank memerlukan perlakuan serta perawatan yang bagus sehingga fungsi utamanya dapat terjaga. Tentu untuk melakukannya, kita harus memahami elemen utamanya, yakni baterai isi ulang.

Tips Perawatan Terpenting Powerbank
Pada dasarnya, powerbank adalah baterai isi ulang yang mampu mentransfer dayanya ke baterai gadget yang dicasnya. Dengan demikian, komponen terpenting powerbank terletak pada baterai tersebut, yakni sebuah media penimpanan tenaga yang dapat diisi ulang dan dapat mengisi ulang baterai lainnya. Untuk merawatnya, sobat harus memahami karakter baterai isi ulang dengan melakukan beberapa hal berikut:

Lihat Batasan Pemakaian
Baterai isi ulang memiliki batas pemakaian atau pengecasan. Artinya, dalam beberapa kali pemakaian, baterai ini akan mengalami penurunan daya simpan atau bahkan tidak dapat menyimpan tenaga sama sekali. 

Cegah dari Benturan
Wujud baterai isi ulang harus dijaga. Sedikit perubahan wujud dari baterai ini akan mempengaruhi daya simpannya. Terlebih, perubahan tersebut diakibatkan oleh benturan, kerusakan daya simpan yang fatal bisa terjadi.

Hindari Overcharged
Terlalu lama mengecas dapat membuat baterai menggelembung karena kepanasan. Hal ini sangat mempengaruhi daya simpannya sehingga baterai cepat drop. Hindari mengecas di kala tidur atau ditinggal keluar jika perkiraan durasi pengecasan lebih pendek dari aktivitas sobat.

Jauhi Percikan Air
Air menjadi salah satu hal yang harus dijauhi tatkala bergelut dengan alat-alat seperti ini karena air dapat membuat hubungan arus pendek yang mempengaruhi kinerja dari baterai isi ulang.

Cas dalam Posisi Off
Untuk memaksimalkan daya penyimpanan tenaga, usahakan mengecas baterai isi ulang yang merupakan komponen terpenting sebuah powerbank dalam keadaan off, alias mati atau tidak sedang digunakan untuk mengecas gadget.

Isi Hingga Penuh
Usahakan selalu mengecas penuh powerbank karena powerbank memiliki memory effect, yaitu pengecasan akan selalu dihitung meski tidak penuh. Lebih baik memgecas sekali langsung penuh daripada tiga kali dalam posisi 60% terisi karena semakin sering mengecas, semakin berkurang pula umurnya.

Hindarkan dari suhu ekstrim
Power bank berisi baterai isi ulang yang mudah rusak jika ditempatkan pada suhu ektrim. Tempat-tempat yang bersuhu ekstrim tersebut seperti diantaranya puncak gunung, sinar matahari yang terik, hingga dekat dengan bara api.

Itulah sekilas tentang Tips Perawatan Terpenting Powerbank.  Baterai isi ulang ini adalah nyawa dari powerbank sehingga jika rusak, maka gadget kecil ini tidak akan dapat kita manfaatkan. Perawatan yang baik jauh lebih baik daripada membeli lagi. Jadi, marilah kita berhemat dengan merawat powerbank masing-masing. Semoga bermanfaat. Salam.

2 comments:

Firman Aliphp said...

thank you so much

Herman Tam said...

Perawatan yang baik membuat tahan lama, tapi yang paling penting adalah kualitas powerbank yang anda beli. Utk powerbank berkualitas internasional, dengan daya real capacity, dan dilengkapi penstabil tegangan spy HP anda awet kunjungi www.cafepulsa99.blogspot.com

Post a Comment