Portable Charger Alternatif Power Bank



Di tengah meningkatnya kebutuhan akan powerbank sebagai portable charger, ternyata ada beberapa alternatif sumber energi yang dapat kita manfaatkan. Pengetahuan tentang sumber-sumber energi ini penting ketika suatu saat, kita membutuhkan sumber energi tersebut, khususnya untuk mengisi baterai gadget kesayangan. Untuk elbih jelasnya, mari kita tengok portable charger alternatif powerbank yang dapat kita manfaatkan.

Aneka Alternatif Powerbank
Tidak dapat dipungkiri bahwa powerbank sangat praktis. Sumber energi ini dapat kita bawa kemana-mana dan sangat terasa manfaatnya ketika mengalami mati listrik. Akan tetapi, bagi yang belum sempat memilih atau membeli powerbank, beberapa sumber energi alternatif powerbank ini dapat sobat manfaatkan:

Charger Berbaterai AA atau AAA
Portable charger sebenarnya juga diproduksi dengan tenaga utama baterai jenis AA atau AAA. Bentuknya kecil yang mampu mentransfer tenaga dari baterai tersebut ke baterai gadget. Meski sangat praktis karena jenis baterai tersebut dapat diperoleh dimana-mana, portable charger ini kurang populer karena biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli baterai juga terhitung mahal.

Charger Bertenaga Matahari
Portable charger yang satu ini memang jarang kita jumpai di Indonesia. Selain harganya yang mahal, charger bertenaga surya cukup mahal dan tidak praktis dibawa kemana-mana. Charger jenis ini hanya populer di kalangan pecinta kegiatan outdoor, yang memungkinkan mereka memperoleh energi dimanapun berada, selama ada sinar matahari.

Charger Mobil
Charger ini sangat lazim digunakan di Indonesia. Dengan mobilitas yang tinggi, sobat dapat saja mengandalkan cahrger ini untuk memasok energi bagi gadget kesayangan sobat. Meski masih menjadi kontroversi serta kekhawatiran atas keamanan penggunaan cahrger jenis ini, setidaknya jika sangat darurat, sobat dapat memanfaatkannya untuk mengisi baterai gadget sobat yang harus segera diisi.

Genset
Genset juga merupakan salah satu alternatif sumber energi yang dapat sobat manfaatkan sebelum memiliki powerbank. Genset mampu memberikan pasokan energi listrik AC yang bekerja layaknya listrik PLN. Sumber energi ini memang cukup praktis dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif untuk kepentingan darurat, khususnya di kompleks perumahan.

Keempat sumber energi portable charger alternatif powerbank tersebut akan sangat bermanfaat ketika pasokan listrik PLN di rumah sobat terhenti, baik karena ada pemadaman disengaja atau karena ada kerusakan jaringan yang membutuhkan perbaikan selama berjam-jam. Tentu dengan memiliki salah satu dari sejumlah sumber energ alternatif tersebut, sobat tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu listrik mati sementara gadget sobat harus segera diisi. Semoga bermanfaat, salam.

No comments:

Post a Comment