Risiko Menggunakan Power Bank

Bagi sebagian orang, menggunakan powerbank menjadi sebuah kekhawatiran, terlebih gadget yang mereka miliki berharga mahal dan ketersediaan spare part ketika rusak juga sulit. Apa saja yang mereka takutkan dan bagaimana mengatasinya. Berikut sekilas tentang risiko menggunakan power bank. 

Risiko menggunakan power bank memang ada karena sebagaimana pemanfaatan gadget lain yang bukan merupakan bawaan gadget, sebagaimana banyak direkomendasikan oleh produsennya. Meski dapat diminimalisir, risiko tersebut kadang sangat fatal sehingga menyebabkan gadget kesayangan kita rusak. Apa saja risiko itu? Berikut diantaranya:

Risiko Menggunakan Power Bank
Baterai menggelembung;
Risiko pemakaian power bank yang menyebabkan baterai gadget kita menggelembung kadang terjadi ketika kita membeli power bank abal-abal yang tidak memiliki fitur pemutus arus otomatis dan kita lupa mencabutnya pada proses pengecasan gadget meski baterai sudah penuh. Untuk meminimalisir risiko ini, pastikan power bank yang sobat beli berkualitas handal dan memiliki fitur pemutus arus otomatis ketika baterai yang dicas sudah penuh.

Baterai cepat drop;
Pemakaian powerbank dengan posisi gadget masih on sering kita lakukan. Hal ini tentu membuat baterai bekerja extra, karena menjalani 2 proses sekaligus, yakni mensuppali tenaga sekaligus menerima tenaga. pada beberapa kesempatan, hal ini dapat membuat baterai cepat drop. Untuk mengurangi risiko ini, usahakan untuk mematikan gadget ketika dalam pengecasan menggunakan power bank tersebut. 

Gadget error;
Gadget kesayangans ering error karena pemakaian power bank yang tidak sesuai spesifikasi kebutuhan gadget. Kadang tegangan output power bank tidak sama dengan gadget yang kita cas, lebih-lebih jika tegangannya lebih tinggi. Hal ini akan menyebabkan gadget error dan mafunction. Sebagai solusinya, pastikan tegangan dan spesifikasi lain dari power bank sesuai dengan kebutuhan baterai gadget sobat.

Itulah beberapa risiko menggunakan power bank, sekaligus cara meminimalisirnya. Memang manfaat power bank sangat terasa ketika kita jauh dari sumber listrik, namun dengan adanya risiko yang ditimbulkannya, pemilihan power bank yang bagus dan cara pemakaian yang benar tentu dapat mengurangi terjadinya kerusakan pada gadget kesayangan kita. Semoga bermanfaat. Salam

2 comments:

akay aja said...

oh....pantes bb saya setelah saya cas pakai powerbank, saya cas pake casan biasa lg,tidak mau ngecas.....mungkin power bank abal abal yang saya punya....trims ya gan informasinya....

Wusono Adji said...

Tolong berikan contoh penyesuaian tegangan pada power bank dan pada gadget, tmksh.

Post a Comment