Cara Menyimpan Power Bank

Bagi sobat yang senang bepergian, memiliki powerbank tentu sangat membantu agar tetap dapat berkomunikasi tanpa takut kehabisan baterai. Akan tetapi, perlakuan khusus ketika portable charger tersebut tidak dipakai juga harus sobat perhatikan, yakni tentang bagaimana Cara Menyimpan Power Bank yang baik.

Sebelum mengulas tentang Cara Menyimpan Power Bank ini, sobat sebaiknya memahami bahwa powerbank pada dasarnya merupakan baterai isis ulang yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik, terlebih jika kena benturan, diletakkan di suhu tinggi atau rendah, serta terjadi konslet pada sirkuitnya. Untuk itu, kali ini marilah kita sedikit mencoba untuk berlaku hemat dengan merawat apa yang telah kita beli.

Cara Menyimpan Power Bank
Cara Menyimpan Power Bank sebenarnya cukup mudah. Seperti halnya baterai-baterai isi ulang pada umumnya, dalam menyimpan alat ini, sobat sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting berikut agar kualitas serta daya tahan powerbank dapat kita maksimalkan, yaitu:

  1. Isi Penuh sebelum disimpan sehingga sel-sel pada baterai tidak terlalu lama kosong, yang dapat mengakibatkan fungsinya mudah menurun;
  2. Copot konektor  karena selain untuk meminimalisir terjadinya konsleting, pada beberapa kasus, adanya koenkstor dapat memperberat kerja powerbank;
  3. Amankan port/colokan, hindarkan dari aneka benda atau kotoran yang masuk agar fungsinya tetap terjaga dengan baik;
  4. Hindarkan dari suhu panas/dingin, karena cell baterai dalam powerbank ini dapat saja drop kualitasnya jika sobat letakkan di tempat-tempat yang bersuhu ekstrim;
  5. Hindarkan dari beban berat, jangan ditindih dengan barang-barang yang memiliki berat lebih dari berat powerbank itu sendiri.
Demikian sekilas tips tentang Cara Menyimpan Power Bank. Meski nampak sederhana, kadang kita lupa memperhatikan hal-hal tersebut karena memang harga powerbank saat ini sangat terjangkau sehingga kita sering mengabaikan perawatannya dan memilih membeli yang baru jika rusak. Merawat tentu lebih sulit daripada membeli. Namun dengan perawatan yang baik, kita akan dapat berhemat. Semoga bermanfaat. Salam. 

No comments:

Post a Comment