Jeli Memilih Powerbank Saat Ini

Di tengah booming aneka merk powerbank, kita harus jeli memilih powerbank saat ini. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya powerbank adalah charger untuk gadget kesayangan kita, jika tidak hati-hati dalam memilihnya, justru biaya yang kita keluarkan akan membengkak.

Pada dasarnya, komponen utama powerbank adalah baterai isi ulang yang mampu mentransfer isinya ke baterai gadget kita. Untuk itu, agar isi tersebut sesuai dengan kebutuhan gadget, ada baiknya kita perhatikan beberapa poin berikut:

Jeli Memilih Powerbank Saat Ini
Tegangan
Cek charger original gadget, liat bagian tegangan output, rata-rata gadget sekarang menggunakan tegangan 5 Volt. Pastikan powerbank yang sobat pilih tidak terlalu tinggi selisihnya dnegan tegangan yang dibutuhkan, maks 5% lebih tinggi dari tegangan aslinya.

Arus
Disamping tegangan output, pada charger original gadget kita dapat menemukan besarnya arus yang dikeluarkan oleh charger tersebut, umumnya skitar 0.5A atau 500mA. Nah, usahakan memilih powerbank yang arusnya lebih tinggi sehingga dapat cepat terisi penuh. 

Cell
Baterai powerbank tidak selalu bagus kualitasnya, kadang meski memiliki kapasitas diatas 10.000 mAh, powerbank tersebut hanya dapat digunakan untuk mengisi baterai gadget berkapasitas 2000mA sebanyak 2x. Hal ini umumnya disebabkan kualitas cell powerbank tidak sempurna sehingga hanya mampu menyimpan sedikit energi dan tidak sesuai dengan yang tertera di bodinya.

Nah, itulah sekilas poin-poin penting yang harus kita perhatikan ketika membidik powerbank. Mari kita jeli memilih powerbank agar tidak menyesal di kemudian hari, baik karena dapat merusak gadget kita, atau mudah rusak karena kualitasnya yang abal-abal. Salam.


No comments:

Post a Comment