Lamanya Pengecasan Power Bank Ideal


Mengecas power bank pada dasarnya sama dengan mengecas baterai gadget, baik ponsel maupun tablet, yakni memerlukan durasi waktu tertentu. Jika terlalu cepat, power bank tidak akan terisi penuh, sementara jika kelamaan bisa saja membuat power bank cepat drop. Nah, bagi sobat semua, berikut saya sajikan informasi lamanya lamanya pengecasan power bank yang baik.

Mengetahui lamanya pengecasan power bank memang cukup sulit karena lumayan banyak faktor yang mempengaruhinya, baik internal, yakni kapasitas dari power bank tersebut, maupun eksternal dari kualitas arus dan tegangan listrik yang ada di tempat sobat. Meski kebanyakan powerbank telah dilengkapi lampu indikator yang menunjukkan penuh tidaknya portable charger tersebut ketika pengecasan, berapa lama pengecasan ideal masih perlu kita ketahui, terlebih jika power bank kita tidak memiliki fitur pemutus arus otomatis ketika powerbank sudah penuh.
Lama Pengecasan Powerbank yang Ideal

Lamanya pengecasan power bank sebenarnya dapat kita perkirakan dengan melihat kapasitasnya, dan selanjutnya kita bandingkan dengan lamanya pengecasan normal gadget kesayangan kita. Sebagai contoh, ketika gadget kita menggunakan baterai berkapasitas 1.500 mAh memiliki lama pengecasan normal selama 2 jam, dapat kita perkirakan ketika kita mengecas powerbank dengan kapasitas 6.000 mAh pada colokan listrik yang sama, proses tersebut membutuhkan durasi sekitar 8 jam. Jumlah ini merupakan perbandingan lurus antara 1.500 mAh selama 2 jam, berarti 6.000 mAh memerlukan waktu 8 jam. 

Memang tidak ada standar pasti dari lamanya pengecasan powerbank yang ideal karena selain ditentukan oleh kapasitas masing-masing powerbank dan kualitas listrik, kadang kualitas charger powerbank juga mempengaruhi. Seperti halnya ketika kita mengecas gadget dengan charger original dan charger universal, umumnya charger original akan membutuhkan waktu yang lebih singkat. Nah, hal ini juga berlaku pada power bank.

Itulah sekilas gambaran tentang lamanya pengecasan power bank yang ideal. Kesimpulannya, semakin besar kapasitas powerbank, maka semakin lama pula durasi pengecasan yang sobat perlukan. Semoga bermanfaat, salam.

6 comments:

Unknown said...

Info menarik nih.. thanks ya

Tasyim said...

siiip bnget infonya gan,,,
tolong dong....heheeh. bikin postingan mengenai kemampuan atau berapa kali charge mobile dengan PB, maklum gaptek

Unknown said...

trimakasih ya smoga bermanfaat bagi semua yang membacanya

Unknown said...

trimakasih ya smoga bermanfaat bagi semua yang membacanya

Unknown said...

oke thanks

Unknown said...

Misal di ches 24 jam dengan kapasitas 11000 m Ah boleh tidak ya?

Post a Comment